Tuesday, April 11, 2006

Perda Larangan Merokok

Seperti biasa, hari Minggu malam berdua hubby makan malam di luar. Lagi kepengen makan seafood so meluncurlah ke daerah pademangan. Busyet deh ramenya rumah makan langganan sampe ngantri di dua titik masuk trus makannya sampe di gang2 sempit, maklum restoran pinggir jalan. Yang bikin bete, ada yang ngerokok. Padahal udah ada perdanya tetap aja orang ngak sadar diri. Waktu nonton di tv ada org pas diraxia jawabnya gini: saya ngak tau ada peraturan ini Pak. Waduh, ni orang kuper apa kufor (kurang informasi) bisa ngak tau ada perda kayak gini padahal udah disosialisasikan berbulan-bulan. Gue dukung habis bang Yos nerapin perda ini. Tapi kalau dikirim satgas2 terus juga percuma kalau masyarakatnya ngak sadar hukum. Gw tuh udah paling sebel sama benda yang namanya rokok ini, pokoknya anti seanti-antinya. Makanya dari dulu paling ngak mau sama cowok perokok. Sori nich buat para perokok. Memang hak masing2 pribadi untuk memilih merokok tapi mbok ya pikirin dong orang lain yang harus menerima efek negative rokok padahal ngak ikutan merokok, apalagi anak2 kan kasihan. Gue salut deh ama bos gue di vso dulu. Walaupun perokok berat kagak pernah tuh ngerokok di depan orang atau dalam kantor padahal dia kan bos. Pergi makan ama kita2 aja, dia ngak ngerokok di meja makan. Trus gw pernah dapet bos yang ngerokok seenaknya di kantor, Seisi kantor bau rokok en kalau gw lagi diajak diskusi, gw ngak bisa napas karena dianya ngebul di depan gue. Akhirnya baru sebulan kerja gue cabut kebetulan juga dapet tawaran dari tempat kerja gw sekarang. Oh ya, back to cerita makan malam kemarin, akhirnya hubby langsung suruh pindah. Trus dengan mata kesel gw liatan aja tuh org yang ngerokok, eh, dianya akhirnya ngerokok di luar. Jadi keinget cerita temen gue tentang istrinya yg ngak segan2 negor orang yang ngerokok di sekitar dia, pas lagi makan di resto. Padahal waktu itu perdanya belum keluar. Salut. Mesti begitu seharusnya. Tapi saying ya, hanya diterapin di Jakarta aja, so orang udah mulai nyulut rokok lagi pas melewati perbatasan Jakarta. Coba kayak di Singapore, bisa diterapin dengan sanksi yang cukup tegas. Mimpi kali ye.

No comments: