Friday, April 21, 2006

LASIK


LASIK itu intinya adalah perbaikan refraksi pada mata untuk mengatasi kelainan pada mata seperti myopia. Persiapan lasik cukup makan waktu, dibanding prosedur lasiknya sendiri. Beragam pemeriksaan mulai dari periksa level minus, web scan (yang makan waktu paling lama dari semuanya), tekanan bola mata, pemeriksaan retina sampai pengukuran kornea mata. Satu lagi pemeriksaan yang paling tidak mengenakkan yaitu tes air mata, jadi gulungan kertas diselipkan di sudut mata untuk melihat reaksi mata. Yang ini agak2 perih. Tapi hanya 5 menit saja dan gw wanti2 sama susternya tidak mau lebih, rugi, bo.
Well, akhirnya terjadi juga kemarin gw dilasik. Pasti yang pertama orang tanya sakit ng? Kalau dibilang ng sakit sama sekali, boong banget. Namanya juga dioperasi, tapi worth it kok sakit segitu demi membebaskan diri dari kacamata dan lensa kontak.

Let me tell you the history, gw tuh udah lebih dari 20 tahun minus, sedih ya. 10 tahun pake kacamata dan 10 th pake hard lense saking udah ng cock segala macam soft lens. Sisanya beberapa th pake soft lens. Sekarang dengan bangganya gw di depan kompi tanpa pake lens lagi. How happy I am.

Pas hari itu gw datang 8.40, jadwal opeasi jam 9 am. Tapi biasalah orang sini suka lelet akhirnya baru mulain 9.30. Jadilah gw nunggu bengong tambah tegang sambil berdoa dalam hati: Tuhan, tolong lancarkan ini semua. Di formulir persetujuan operasi ada keharusan tanda tangan saksi. Tadinya gw berpikir saksi itu yang akan menyaksikan jalannya operasi. Pas mau mulai operasi, gw bilang mau panggil saksi, eh orangnya malah bilang orang luar ng boleh masuk. Gimana sich, kan tadi udah tanda tangan. Artinya apa, kalau terjadi malpraktek apa yang mau diceritain oleh saksi, wong saksinya ngak ngeliat apa2. Hmm, aneh sekali. Kalau gitu buat apa ada saksi.

Gw tuh dengan santainya berpikir mata gw bakalan dikasih tetes penghilang rasa sakit trus ditembak laser trus udah. Ternyata oh ternyata, gw ngerasain mata gw diutak atik selama 15 menit. Jadi sebelum ditembak, mata gw dipersiapkan dulu. Pertama diberi obat tetes trus dibersihkan dengan betadin baru ditandai. Habis itu masuk ruang operasi. Mata diberi plastic penahan supaya mata ng kedip, trus diolesin obat dan diberi obat tetes, lalu diberikan lapisan di atas bola mata sampai kemudian entah apa yang terjadi mata gw seperti disedot sedot (seperti ada tekanan pada bola mata) dan wuss, semua jadi gelap. Tapi kegelapan itu tidak berlansung lama, penglihatanku kembali dan aku baru melihat ke titik orange untuk kemudian terdengarlah suara mesin laser dengan bau yang agak menyengat. Ngak sampe 5 menit, mesin berhenti dan mata gw disiram berkali-kali trus selanjutnya penaham mata dilepas dan mata diperas sampai maksimal dan mata gw dibersihin deh atas dan bawah. Anda kira setelah itu mata gw jadi terang benderang? Tentu tidak, gw seperti masih minus, burem. Sampai setelah nyampe rumah pun, mata gw masih burem even buat ngeliat dekat sekalipun. Malah mata gw jadi seperti kemasukan pasir. My God, is this normal, pikirku. Tapi berangsur rasa itu makin lama makin hilang dan sekarang gw udah enakan.

Sebelum operasi, gw sempet mengajukan permintaan, agak aneh memang. Gw minta video rekaman operasi dan ternyata dikabulkan. Free of charge lagi. Mungkin minggu depan bisa dapet VCD nya.

3 comments:

Anonymous said...

Mbak Lina, sebelum di lasik minus berapa kacamatanya? jadi sekarang betul2 dah bebas kacamata dan soft lens?

yanmaneee said...

supreme new york
nike 270
balenciaga shoes
lebron shoes
kyrie irving shoes
hogan outlet
supreme clothing
adidas superstar shoes
bape clothing
golden goose slide

Unknown said...

try here Read More Here anonymous pop over here site here directory